Kain tenun khas Dumoga dan misteri kain tenun Toladang sikayu di Kerajaan Bolaang Mongondow

Buku yang berisi informasi sekilas tentang keberadaan kerajinan kain Tenun di Doemoga, diperdagangkan ke Bentenan. Juga disertai ilustrasi gambar kain tenun Bentenan diulas dua halaman oleh Door JE Jasper dan Mas Pirngadie 1 januari 1912 Berdasar keterangan waktu terjadi tahun 1800, dimana pusaka Sultan Bolaang Mongondow ini kemungkinan milik Raja Johanis Manuel Manoppo.Disebutkan bahwa Pusaka Sultan Bolaang Mongondow disimpan di Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen..Kita patut berterima kasih tentunya kepada Sumardi Arbani, periset asal Universitas Negeri Diponegoro (Undip) Semarang yang konsen di bidang Sejarah Lingkungan (Environmental History) ini. Kendati bukan berasal dari Bolaang Mongondow, namun Sumardi membuktikan bahwa Ilmuwan selalu jujur mengulas sejarah, membuka tabir Bolaang Mongondow dan Doemoga tempoe doeloe melalui literatur yang diperolehnya di Negeri Raja Willem Alexander yang bertahta usai Ratu Baetrix ibunya.



Kain Tenun Toladang Sikayu dan Misteri Lukisan Epos Ramayana yang di temukan di Bolaang Mongondow. sumber : TropenMuseum KITLV.Leiden.Amsterdam


"Kekayaan penduduk pedesaan Bolaang Mongondou ada terlepas dari properti biasa populasi pendapatan pertanian, dari kain tua yang diperbaiki dalam real menyatakan nilai. kain ini digunakan pada acara-acara meriah untuk menutupi sepanjang dinding rumah dan bangku. Itu hanya perlu jarak, misalnya, di saat kelangkaan, dan kemudian mereka mencoba untuk mendapatkan mereka kembali. Kinatola adalah yang paling layak (satu nyata, fl 60, -.). lukisan kuno lainnya yang dikenal dengan nama sikaju dan Turia. Orang relatif jarang. Hanya toladang sikaju dicetak dengan tokoh-tokoh manusia. kain ini, ditambah No. H-69, bagaimanapun, adalah bukan dari buatan Indonesia, yang tampaknya dapat disimpulkan dari ekspresi karakter dari British India. Mereka memberikan gambaran tentang perjuangan Rama dan saudaranya Lakshmana dibantu oleh Hanoman dan monyet melawan es raksasa Rawana dan pembantunya .. kain, dicetak pada satu sisi dengan sosok manusia dari wiracarita Ramayana."

Kain Tenun Khas Dumoga dan di temukannya kain Toladang Sikayu,Turia dan Kinantola di wilayah Kerajaan Bolaang Mongondow Dahulu kala yang saat ini tersimpan Rapi di TropenMuseum KITLV leiden Belanda merupakan saksi bisu Peradaban masa lalu Kerajaan Bolaang Mongondow.!



Comments

Popular Posts