Koleksi Benda benda Bolaang Mongondow di Museum Goteborg Stockholm Sweden

Kaudern Walter, mengambil gelar doktor di zoologi di University of Stockholm pada tahun 1910. Kurator di geologi dan mineralogi departemen Gothenburg Museum pada tahun 1928, Expeditions: Dua perjalanan ke Madagaskar 1906-1907 dan 1912-1913, di mana sebagian besar bahan etnografi yang dikumpulkan ditemukan di Museum etnografi di Stockholm. 1916-1921; ekspedisi ke Sulawesi bersama dengan istri Therese,...

Mendokumentasikan wilayah goropai (lanut) danau mo"oat,dan modayag mengumpulkan berbagai macam benda di Bolaang mongondow Raya dan saat ini tersimpan di Museum Goteborg Swedia.

Kaudern Walter

Timbangan Emas

Digu/Dodigu (tapisan beras atau untuk wadah pembuatan kacang goyang)

Pitow/Abit (Parang)

Gelang Emas

Keris 7 solang (7 lekuk)

Bubu/Pole (Penangkap Ikan)

Wadah Kuningan

Bakian/Sandal Kayu

Natu Tuanggoi/Telur Maleo

Kabela

Kodapa (Wadah anyaman daun kelapa)

Alat perang

Gambus

Helm Perang

Kaleaw (tameng perang kuningan)

Masih Banyak lagi Koleksi Benda benda Bolaang Mongondow Raya yang tersimpan di berbagai Museum yang ada di Eropa yang harus di teliti,pemerintah dalam hal ini pemda se BMR harus memperhatikan sejarah sebagai bahan edukasi bagi generasi BMR ke depan. sejarah adalah pondasi peradaban suatu bangsa tanpa sejarah generasi yang akan datang pasti kesulitan menentukan arah pembagunan dan peradaban yang sesuai jati diri Bolaang mongondo Raya...semoga!

Comments